Mengenal Lebih Dekat Cloud IaaS dan BaaS

Teknologi cloud menjadi salah satu solusi pendukung dalam laju transformasi digital. Cloud memungkinkan pengguna untuk mengakses, menyimpan, dan mengelola data digital melalui jaringan internet. Dengan menggunakan cloud, pengguna dapat mengakses data kapan pun dan di mana pun sehingga menunjang pekerjaan kolaboratif di era digitalisasi. 

Layanan cloud menjadi salah satu alternatif yang mulai banyak digunakan oleh pelaku bisnis, mulai dari yang skala UMKM hingga skala korporasi besar. Sebelum cloud menjadi populer seperti sekarang, perusahaan harus menganggarkan biaya investasi yang cukup besar untuk membangun infrastruktur IT tersendiri. Dengan adanya cloud, perusahaan hanya perlu memastikan koneksi internet yang cepat dan stabil. 

Seiring perkembangan teknologi, kini hadir beberapa layanan cloud yang dapat menjawab kebutuhan pelaku bisnis, misalnya seperti layanan cloud Infrastructure as a Service (IaaS) dan layanan cloud Backup as a Service (BaaS). Artikel ini akan membahas perbedaan antara cloud IaaS dan cloud BaaS. Supaya #SahabatPrimacom makin paham, yuk simak penjelasan di bawah ini! 

Cloud IaaS (Infrastructure as a Service)

Merupakan model layanan cloud yang menyediakan infrastruktur dasar untuk kebutuhan IT pengguna, seperti komputasi, penyimpanan, dan sumber daya jaringan. Pengguna hanya perlu fokus pada deployment dan maintenance aplikasi. Untuk perawatan infrastruktur fisik, sepenuhnya menjadi tanggung jawab penyedia layanan. 

Cloud IaaS memungkinkan pengguna untuk mengelola infrastruktur IT tanpa perlu memiliki dan merawat perangkat fisik. Dari segi skalabilitas, kapasitas penyimpanan cloud IaaS dapat dengan mudah diperbesar dan diperkecil sesuai kebutuhan. 

Cloud BaaS (Backup as a Service)

Merupakan model layanan cloud sebagai kapasitas penyimpanan cadangan apabila sewaktu-waktu penyimpanan data utama mengalami gangguan. Cloud BaaS dapat diintegrasikan ke virtual machine sehingga dapat melakukan penyimpanan data secara otomatis. 

Dengan layanan cloud BaaS, pengguna tidak perlu melakukan perawatan server dan infrastruktur penyimpanan fisik. Urusan penyimpanan file, enkripsi data, dan perawatan semua ditangani oleh penyedia layanan cloud BaaS. Solusi ini memberikan pengamanan ekstra untuk melindungi data-data penting perusahaan, memungkinkan bisnis tetap beroperasi lancar tanpa kendala apabila terjadi gangguan di penyimpanan utama. 

Perbedaan Cloud IaaS dan BaaS

Dengan demikian, perbedaan utama antara cloud IaaS dan cloud BaaS sebenarnya terlihat jelas. Cloud IaaS fokus pada penyediaan infrastruktur dasar bagi kebutuhan IT, sedangkan cloud BaaS fokus berperan sebagai kapasitas penyimpanan cadangan. 

Kedua model layanan cloud IaaS dan BaaS memainkan peran strategis dalam memfasilitasi transformasi digital perusahaan. Sementara IaaS memberikan fondasi infrastruktur yang mendukung skalabilitas, BaaS memberikan perlindungan ekstra untuk keamanan data perusahaan. 

Salah satu penyedia layanan cloud yang aman dan andal adalah Primacom Cloud. Hadir dengan solusi IaaS dan BaaS, Primacom Cloud dapat memfasilitasi kebutuhan cloud untuk menunjang performa bisnis di era digital. 

Dengan memahami perbedaan dan manfaat cloud IaaS dan BaaS, pelaku bisnis dapat membuat keputusan yang akurat sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis. Untuk konsultasi lebih lanjut mengenai layanan Primacom Cloud, klik di sini!